Kabar Kantor Wilayah

Indeks Berita Kantor Wilayah Kementerian Hukum Maluku

Featured

KEMENKUM MALUKU TINGKATKAN KOMPETENSI KABAG TU DAN UMUM MELALUI PELATIHAN MANAJEMEN KESEKRETARIATAN 2025

Kemenkum_Maluku_Tingkatkan_Kompetensi_Kabag_TU_dan_Umum_melalui_Pelatihan_Manajemen_Kesekretariatan_2025.png

Ambon, Kemenkum Maluku — Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum Maluku, Saiful Sahri, didampingi Kepala Divisi Peraturan Perundang-undangan dan Pembinaan Hukum serta Kepala Bagian Tata Usaha dan Umum, mengikuti secara virtual Pembukaan Pelatihan Teknis Manajemen Kesekretariatan bagi Kabag TU dan Umum Tahun Anggaran 2025. Dari Kemenkum Maluku, Kepala Bagian Tata Usaha dan Umum, Wilson Muskitta menjadi peserta yang mengikuti kegiatan ini (25/08/25).

Kegiatan diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum RI (BPSDM Hukum RI), Gusti Ayu Putu Suwardani, yang sekaligus membuka secara resmi pelatihan tersebut.

Dalam arahannya, beliau menekankan pentingnya pelatihan ini sebagai upaya meningkatkan kompetensi Kabag TU dan Umum dalam menjalankan fungsi teknis administratif dengan lebih profesional, efisien, dan berorientasi hasil. Selain itu, pelatihan ini juga bertujuan menjembatani komunikasi internal dan eksternal, serta memastikan dukungan administratif selaras dengan kebijakan pimpinan di setiap unit kerja.

Lebih lanjut, Kepala BPSDM Hukum R.I menekankan bahwa manajemen kesekretariatan yang baik merupakan fondasi penting bagi keberlangsungan organisasi. Para peserta diharapkan mampu mengelola berbagai aspek administrasi, mulai dari perencanaan organisasi, manajemen SDM, pengelolaan keuangan dan BMN, hingga manajemen hukum, komunikasi publik, kerja sama, manajemen umum, dan implementasi SPBE, secara strategis dan adaptif terhadap dinamika organisasi.

Pelatihan ini berlangsung selama 11 hari kerja, dengan berbagai metode pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan, kemampuan pengambilan keputusan, serta kepemimpinan administratif peserta. Kepala BPSDM menegaskan bahwa melalui pelatihan ini, Kabag TU dan Umum diharapkan menjadi pemimpin administratif yang responsif, adaptif, dan mampu menghadapi tantangan kompleks dalam mendukung keberhasilan program dan kebijakan Kementerian Hukum.

Pembukaan pelatihan berjalan lancar dan menjadi momentum strategis bagi ASN di lingkungan Kemenkum Maluku untuk mengembangkan kompetensi, memperkuat profesionalisme, serta meningkatkan kualitas layanan administratif secara menyeluruh.

WhatsApp_Image_2025-08-25_at_15.39.19.jpeg

WhatsApp_Image_2025-08-25_at_15.39.18.jpeg

logo besar kuning
 
KANWIL KEMENTERIAN HUKUM RI
PROVINSI MALUKU
PikPng.com school icon png 2780725   Jl. Sultan Babullah No 17-18, Kel Wainitu, Kec. Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku 16810
PikPng.com phone icon png 604605   +62 899-0003-399
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    humas.maluku03@gmail.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kanwil.maluku@kemenkum.go.id

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUM
PROVINSI MALUKU


Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkum RI


facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

PikPng.com school icon png 2780725   Jl. Sultan Babullah No 17-18, Kel Wainitu, Kec. Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku 16810
PikPng.com phone icon png 604605   +628990003399
PikPng.com email png 581646   kanwil.maluku@kemenkum.go.id
PikPng.com email png 581646   humas.maluku03@gamil.com